Unanda Bangun Kampus di Walenrang, IMWAL : Jangan Lupakan Masyarakat!

WALMAS — Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo akan membangun kampus di Desa Barammamase, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu. Untuk tahap pertama akan dibangun gedung rektorat.
Rencananya, peletakan batu pertama akan dilakukan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, pada Senin (30/12/2019) besok. Luas kampus Unanda sekitar 30 hektar. Lokasi yang dijadikan kampus merupakan hibah dari Pemkab Luwu.

Rencana tersebut mendapat reaksi dari Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Walenrang Lamasi (IMWAL), Adriansyah Mas’ur. Menurutnya, pembangunan kampus baiknya ditunda dahulu sebelum ada kepastian untuk masyarakat.

Bacaan Lainnya

Diketahui, di lokasi yang akan dibangun kampus merupakan lahan persawahan yang selama ini dimanfaatkan masyarakat setempat untuk menanam padi. Bahkan, sudah ada yang menjadikannya sebagai milik pribadi dengan bukti sertifikat.

” Jangan lupakan masyrakat. Sebelum ada kepastian nasib masyarakat yang selama ini menggantungkan hidupnya di lokasi itu, kami meminta agar pembangunan ditunda,” kata Adriansyah dalam rilis yang dikirim, Minggu (29/12/2019).

Ia mengungkapkan jika kampus dibangun, otomatis mata pencaharian masyarakat yang mengolah lahan akan hilang. ” Kalau pihak Unanda memberikan solusi ke masyarakat agar tetap berpenghasilan, kami akan mendukung dan bersama-sama mengawal pembangunan kampus ini. Kalau tidak ada solusi, kami akan menolak,” tegasnya. (adn)



Pos terkait