17 Tahun PAM-TM Palopo Mengalir Bersama

  • Whatsapp
Logo HUT PAM TM Palopo ke-17.
11

Palopo – Tak terasa, sudah 17 Tahun Perusahaan Air Minum Tirta Mangkaluku ( PAM-TM ) Kota Palopo melayani masyarakat pelanggan di Kota Palopo.

9 Januari 2021 hari ini perusahaan air minum itu tepat berusia 17 Tahun. Sejak beralih status dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Luwu Menjadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palopo, sejalan terbentuknya Kota Palopo sebagai kota otonom dengan memisihkan diri dari kabupaten Luwu saat itu.

Tahun ini, Hari Ulang Tahun perusahaan dengan Visi ‘Menjadi salah satu PDAM terkemuka di Indonesia’ itu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tak ada perayaan seperti sebelumnya. Itu dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang masih sedang melanda negeri ini, termasuk di Kota Palopo.

Tidak adanya perayaan HUT ke-17 Tahun menurut Direktur Utama PAM-TM Palopo, H. Yasir, SE., MM., Ak., merupakan bagian dari upaya PAM-TM Palopo membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Palopo.

”Tahun ini tidak ada perayaan seperti tahun-tahun sebelumnya, mengingat kita semua masih menghadapi situasi pandemi Covid-19,” kata Dirut PAM TM, H Yasir melalui Humas PAM TM Palopo, Wiwin S. Toni.

Yang terpenting dari penambahan usia PAM-TM Palopo kali ini kata dia, adalah pelayanan kepada masyarakat pelanggan harus lebih baik. Perbaikan pelayanan demi kepuasan pelanggan harus selalu menjadi tujuan dan prioritas PAM-TM dari tahun ke tahun.

Dari tahun ke tahun PAM-TM seluruh jajaran PAM-TM Palopo mulai dari Direksi hingga staf dan karyawan terus berupaya memikirkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Dari setiap upaya yang dilakukan, PAM-TM kini mengoleksi beragam penghargaan dari buah kerja bersama.

Penghargaan yang dicapai hingga saat ini tidak boleh membuat keluarga besar PM-TM Palopo berbangga diri dan menurunkan kualitas kerja untuk melayani pelanggan.

Sebaliknya, justeru pencapaian yang baik itu harus menjadi spirit dan tambahan amunisi semangat untuk bekerja lebih baik lagi. PAM-TM harus memastikan seluruh masyarakat pelanggan puas dan tidak menemui kendala, khususnya dalam hal pelayanan distribusi air yang berkualitas sampai ke rumah warga.

”Pelayanan air bersih kepada seluruh pelanggan harus terus ditingkatkan, agar masyarakat Kota Palopo dapat menikmati pasokan air bersih dari PAM TM secara menyeluruh. Kita harus terus fokus dalam pelayanan air bersih,” katanya.

Yasir menjelaskan, berbagai prestasi telah diraih PAM-TM Kota Palopo. Di antaranya pada tahun 2017 mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai terbaik kedua tingkat nasional, PDAM berkinerja keuangan dan kepatuhan penyelesaian tunggakan pinjaman kepada pemerintah.

Sementara itu dalam hal inovasi, PAM-TM Kota Palopo sebagai salah satu instansi pemerintah yang masuk sebagai TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Tak hanya itu, inovasi lainnya yang berhasil ditorehkan yakni PAM-TM Kota Palopo kembali mendapat penghargaan dari 7 Sky Awards 2019 dengan kategori BUMD terbaik dalam pengembangan Inovasi Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan.

Selanjutnya, dalam hal pengelolaan Keuangan PAM-TM Palopo mampu memposisikan dirinya sebagai salah satu PDAM dengan predikat sehat dan berkinerja baik serta opini WTP selama 8 tahun berturut turut. (*)

Pos terkait