ARA Lantik David Somalinggi Sebagai Ketua Pengcab IOF Palopo

Ketua IOF Sulsel, Adi Rasyid Ali (ARA) menyerahkan pataka kepada David Somalinggi untuk dikibarkan ke pelosok kota Palopo.

PALOPO — Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Indonesia Offroad Federation (IOF) Sulsel, Adi Rasyid Ali (ARA) melantik David Somalinggi sebagai Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) IOF Kota Palopo di gedung Saodenrae Convention Center (SCC) Jumat (29/7/2022) malam.

Sedianya David Somalinggi dilantik pada tahun 2020 lalu untuk periode 2020-2024, namun karena pandemi covid-19 sehingga pelantikan baru dilaksanakan.

Bacaan Lainnya

“Selalu saya katakan, IOF ini bukan organisasi kaleng-kaleng. Kita offroader, kita satu, kita kuat,” kata ARA mengawali sambutannya.

IOF kata dia hadir dengan misi kemanusiaan. Beberapa aksi yang ditunjukkan ialah saat terjadi bencana di Masamba, Kabupaten Lutra dan bencana alam Palu.

Anggota DPRD Kota Makassar itu menjelaskan, di IOF bergabung dari berbagai latar belakang. Mulai dari pejabat, penguasha, pengacara hingga kepala daerah. Khusus di Sulsel, ada 5 kepala daerah yang bergabung di IOF.

“Kita semua satu, tinggal di hutan kita sama. Kemarin juga saya melantik ketua IOF Enrekang, dia anggota DPR RI. Saya ini hanya anggota DPRD Makassar. Tapi di IOF bukan jabatannya dilihat. Ke depan Lutim akan saya lantik. Ketuanya bupati lutim,” jelas ARA.

ARA menambahkan, Ketua IOF Palopo orangnya luar biasa pengabdiannya khususnya kepada IOF Sulsel.

“Om David luar biasa pengbdiannya, kemarin di acara offroad Bhayangkra, David yang support sehingga berhasil,” terangnya.

David Somalinggi

Sementara itu, David Somalinggi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan pelantikan termasuk pemkot Palopo.

“Tujuan organisasi ini dibentuk untuk bersinergi dengan pemerintah dalam membantu kemajuan kota Palopo. Salah satunya tanggap bencana beberapa waktu yang lalu, juga untuk menggalang bakat dan minat offroader,” kata David.

“Kita juga membantu pemerintah memperkenalkan kawasan wisata, salah satunya melalui Palopo Adventure Offroad (PAO) yang akan dilaksanakan selama dua hari. Kami berharap semoga PAO bisa diapresiasi pemkot dan menjadi kalender tahunan di kota Palopo,” tambah David.

Sementara itu, walikota Palopo yang diwakili Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ilham Hamid mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik. Pemerintah kata dia akan selalu mensuport kegiatan yang sifatnya membangun.

Diketahui, selain pelantikan pengurus IOF Palopo, juga digelar Palopo Adventure Offroader (PAO) yang akan diikuti sekitar 80-an offroader dari berbagai daerah di Indonesia.

Event tersebut akan mengambil start di lapangan Pancasila pada Sabtu (30/7/2022) pagi. Mobil offroad akan menuju Jl Gunung Jati, menyusur sungai Lappo hingga tembus ke objek wisata batupapan yang berada di kelurhan Padang Lambe, kecamatan Wara Barat Kota Palopo. Di lokasi tersebut, para offroader akan bermalam dan dilanjutkan minggu pagi menuju pantai Labombo sebagai lokasi finish.

Panitia pelaksana, Aldy Somalinggi saat ditemui di sela scrutineering atau pemeriksaan mobil yang akan ikut meramaikan kegiatan ini mengatakan, Palopo Adventure Offroader merupakan rangkaian kegiatan dari pelantikan pengurus IOF Palopo pada Jumat (29/7/2022) malam di gedung SCC.

“Teman-teman offroader sudah tiba dan langsung melakukan scrutineering mobil yang akan digunakan. Scrutineering ini wajib, untuk mengetahui layak tidaknya mobil itu ikut adventure,” kata Aldy.

“Banyak teman-teman offroader yang ikut. Dari Bali, Jawa, Bogor termasuk dari tim kejurnas Pulang Menang. Juga ada pebalap nasional lainnya seperti Wahyu Lamban,” sebutnya.

Kegiatan juga akan dimeriahkan dengan berbagai hadiah menarik. Rencananya ada 3 unit doorprize sepeda motor yang akan diundi untuk peserta. (*)











Pos terkait