Hasil Perhitungan Suara KPU, Incumbent di Tana Toraja dan Toraja Utara Tumbang

  • Whatsapp
9

TORAJA — Pilkada di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, menuai hasil mengejutkan. Dua incumbent yakni Kalatiku Paembonan dan Nicodemus Biringkanae, dipastikan tumbang.

Ini sesuai dengan hasil perhitungan KPU yang diakses melalui ,https://pilkada2020.kpu.go.id. Di Kabupaten Tana Toraja, perhitungan suara dari 547 TPS yang sudah masuk 523 TPS atau 95,61 persen.

Bacaan Lainnya

Hasilnya, pasangan nomor urut 1, Theofilus Allorerung-Zadrak unggul dengan 41,0 persen. Sementara pasangan incumbent yang berpaket kembali, Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara, di posisi kedua meraih 37,1 persen. Urutan ketiga adalah Albert Patarru-John Diplomasi
meraih 22,0 persen.

Diketahui, Theofilus sebelumya adalah bupati Tana Toraja periode 210-2015. Pada pilkada 2015 silam, Theo harus mengakui keunggulan pasangan Nico-Victor. Pada pilkada kali ini, Theo berhasil membalas kekalahannya.

Sementara di Kabupaten Toraja Utara, perhitungan KPU sudah mencapai 98,35 persen. Incumbent, Kalatiku Paembonan berpasangan dengan Etha Rimba hanya meraih posisi kedua dengan 38,5 persen. Kalatiku-Etha harus mengakui keunggulan pasangan Yohanis Bassang-Frederick Victor Palimbong dengan 44,0 persen.

Di posisi ketiga adalah pasangan Yosia Rinto Kadang-Yonathan Pasodung dengan raihan 17,5 persen. Hasil yang dirilis KPU beda tipis dengan perhitungan cepat atau Quick Count sejumlah lembaga beberapa jam setelah pencoblosan pada 9 Desember lalu. (*/adn)

Pos terkait