Kampanye di Malangke Barat, Indah : Atasi Banjir, Tahun Depan Sungai Rongkong akan Ditanggul Permanen

  • Whatsapp
5

MASAMBA — Bupati incumbent, Indah Putri Indriani, menggelar kampante di Desa Limbong Wara , Kecamatan Malangke Barat, Minggu (01/11/2020) siang.

Kepada warga desa yang selalu menjadi langganan banjir setiap tahun ini, Bupati perempuan pertama di Sulsel ini menyampaikan kabar gembira.

Bacaan Lainnya

Indah mengungkapkan, berbagai upaya kini dilakukan pemerintah, untuk mengatasi banjir, mulai dari pembangunan tanggul permanen, normalisasi sungai hingga pembangunan bendungan Sungai Rongkong.

Khusus pembangunan bendungan Sungai Rongkong, pemerintah daerah Luwu Utara sudah mendapat kepastian dari kementerian PUPR.

“Saya mau sampaikan kabar gembira. Beberapa waktu yang lalu, saya dihubungi oleh bagian perencanaan bendungan di kementerian PUPR. Saya diinformasikan bahkan meminta saya ke Jakarta, ada pertemuan untuk persiapan pembangunan bendungan. Ada empat bendungan besar yang akan dibangun di Indonesia, salah satunya bendungan Sungai Rongkong,” ungkap Indah, disambut tepuk tangan warga setempat.

Bendungan Sungai Rongkong selalu diupayakan, sejak berdirinya Luwu Utara. Namun baru kali ini pemerintah merealisasikan pembangunan bendungan itu.

“Makanya lobi dan hubungan harmonis antara pemerintah daerah, provinsi sampai kepusat sangat penting. Karena itu program kementerian itu tidak datang dengan sendirinya, kepala daerahnya harus pandai melobi. Sama halnya bendungan Rongkong ini,” katanya.

Bupati perempuan pertama di Sulsel itu menambahkan, pembangunan tanggul permanen sungai rongkong tahun depan fisiknya akan dibangun. Begitupun dengan normalisasi sungai, ada tiga sungai yang akan dilakukan normalisasi, Sungai Rongkong, Radda, dan Sungai Masamba.

Bendungan Sungai Rongkong dan normalisasi sungai sebagai upaya pemrintah untuk mengatasi banjir yang disebabkan air sungai meluap dan menggenangi pemukiman warga.

” Februari tahun depan pembangunan tanggul permanen dikerjakan dan normalisasi sungai rongkong, Masamba dan Radda. Khusus utuk pembangunan bendungan rongkong, fisiknya direncanakan tahun 2024-2027,” beber Indah. (rls/adn)

Pos terkait