Momentum Hardiknas, Ketua DPRD Kutai Timur Nilai Kurikulum Merdeka Belajar Cocok Diterapkan di Daerah

Ketua DPRD Kutai Timur, Joni.

KUTIM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim), Joni menghadiri peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman kantor Bupati Kutim, Jumat (3/5/2024).

Joni mengatakan, peringatan Hardiknas merupakan momentum untuk kembali mengenang sejarah Indonesia yang penuh perjuangan untuk mencerdaskan bangsa.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu pula, Joni menyatakan dukungannya terhadap penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia.

Menurutnya, inisiasi dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem itu telah memberikan dampak positif yang luar biasa, terutama dalam kemajuan pendidikan di daerah.

Joni menjelaskan, penerapan Merdeka Belajar adalah upaya untuk mengasah kreatifitas siswa. Dan sejauh ini, menurut Joni usaha tersebut berhasil.

Hal ini dia lihat dari banyaknya siswa di Kutai Timur berprestasi. Tidak hanya tingkat Kabupaten, mereka juga berprestasi di tingkat Provinsi bahkan Nasional.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini kita ikuti acara Hari Pendidikan Nasional. Kalau kita melihat dari perkembangannya, dari program merdeka belajar ini, sudah sangat luar biasa, ada kemajuan,” ucap Joni di hadapan awak media, Kamis (2/5/2024).

“Contohnya tadi kita lihat murid-murid, penerimaan penghargaan Nasional dan provinsi, itu ada semua kita raih,” tambahnya.

Dengan bukti yang telah terlihat, Joni mengamini bahwa kurikulum Merdeka Belajar sangat cocok diterapkan di daerah.

“Artinya kan ada peningkatan, ada kemajuan gitu. Nahh itu tanda bahwa merdeka belajar nih cocoklah untuk anak-anak,” tuturnya.

Dalam pandangannya, program ini sangat berdampak di tingkatan lokal. Karena itu dilanjutkan secara Nasional, dalam hal setiap wilayah menerapkan program tersebut, maka sangat banyak manfaat yang dirasakan para murid.

“Secara Nasional ini dilanjutkan, berarti ini bagus. Kita lihat juga hasilnya, merdeka belajar ini dirasakan manfaatnya sama anak-anak kita di Kutai Timur,” jelas politisi PPP itu.

Lebih lanjut Joni menegaskan dukungan penuh DPRD Kutai Timur terhadap program Merdeka Belajar merupakan wujud nyata kesungguhan mereka dalam menyentuh kehidupan pendidikan anak-anak di daerah tersebut.

“Intinya kami dari DPRD sangat mendukung sekali program ini. karena memang ini menyentuh pada anak-anak kita. Karena itu harapan kita nantinya setiap murid dan para guru menikmati metode pembelajaran ini,” pinta Joni.

“Dengan begitu kan Indonesia bisa sejahtera, anak-anak kita cerdas semua, generasi jadi cemerlang, dan tumbuh dengan penuh manfaat,” lanjutnya.

Meski demikian, Joni berpesan kepada peserta didik untuk aktif dalam memberikan pelajaran kepada siswanya. Tak lupa juga, mereka harus lebih meningkatkan kreativitasnya. (adv)



Pos terkait