Sehari, RSUD Sawerigading Palopo Butuh 27 APD

  • Whatsapp

PALOPO – Alat Pelindung Diri (APD) menjadi barang sangat dibutuhkan saat ini. Apalagi mereka yang berkecimpung di dunia kesehatan yang sedang merawat pasien Covid-19 atau Virus Corona.

Virus Corona yang mewabah memaksa tenaga kesehatan harus bekerja menggunakan APD. Namun, ketersiadaan APD di daerah sangat kurang. Hal ini memaksa pihak RS harus memutar otak agar ketersediaan APD tetap tercukupi bagi tenaga medis.

Bacaan Lainnya

Tak terkecuali di RSUD Sawerigading Palopo. Direktur RSUD Sawerigading Palopo, dr Nasaruddin Nawir mengatakan dalam sehari pihaknya membutuhkan sedikitnya 27 APD.

“Dalam satu shift kami membutuhkan 9 APD untuk perawat dan dokter yang menangani pasien PDP. Itu baru satu shift saja, sedang kami menerapkan tiga shift untuk penanganan PDP Corona. ADP ini hanya sekali pakai, setelah dipakai, maka akan kami buang,” jelas dr. Nasar saat di temui usai penyerahan ADP oleh Anggota DPR RI, Rusdi Masse (RMS) ke RSUD Sawerigading.

dr. Nasar menjelaskan saat ini pihaknya sedang merawat 3 PDP Corona dan 13 ODP. “Persediaan kami saat ini, 36 APD. Kami prediksi itu bisa kami gunakan 3 hingga 4 hari kedepan.

Namun, dia dapat sedikit bernafas lega. Pasalnya Rusdi Masse menyumbangkan 300 APD ke RSUD Sawerigading. “Alhamdulillah, kami baru dapat bantuan APD dari pak Rusdi Masse. Dengan bantuan ini, tenaga medis kami bisa lebih maksimal dalam melayani pasien,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Nasdem Palopo, Abdul Rauf Rahim yang mewakili RMS mengatakan penyerahan bantuan ini merupakan Program Nasdem Peduli. Tujuannya membantu tenaga medis dalam melawan Virus Corona.

“Selain di RSUD Sawerigading, bantuan APD juga kami berikan ke Puskesmas, UPTD JA, Tim Gugus tugas Covid, dan RS Swasta. Ini semua bentuk kepedulian Nasdem terhadap para tenaga medis yang berupaya menyembuhkan pasien ODP, PDP, dan positif corona,” pungkasnya. (liq)





Pos terkait