Termasuk dari Lutim, Tiga Paslon Bupati-Wakil di Sulsel Gugat Hasil Pemilu ke MK

  • Whatsapp
Ilustrasi pilkada
10

MAKASSAR — Sebanyak tiga pasangan calon (paslon) yang maju di pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020 lalu mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Tiga paslon yang dimaksud ialah paslon pilbup Bulukumba H Askar-Arum Spink dan Paslon Pilbup Pangkep, Rahman Assegaf-Muammar Muhayang dan paslon Bupati dan wakil Bupati Lutim, Ibas-Rio.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah melihat melalui website MK, hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang sudah ditetapkan tanggal 15 kemarin digugat oleh Paslon Nomor Urut 2 (H Askar-Arum Spink). Kami menghormati upaya hukum ke MK yang ditempuh Pak Haji Askar dan Kak Pipink,” kata Komisioner KPU Bulukumba, Syamsul dilansir dari detikcom, Senin (21/12/2020).

Gugatan terhadap hasil pemilihan, lanjut Syamsul, memang sudah diatur dalam undang-undang yang mengatur tentang pemilihan bupati dan wakil bupati. Sehingga menurutnya, gugatan ke MK sudah menjadi hak bagi kontestan pemilihan yang tidak menerima hasil atau keputusan KPU.

“Sekali lagi kami sampaikan, kami menghormati sikap atau upaya hukum Pak Haji Askar dan Kak Pipink. Upaya hukum beliau sudah diatur oleh konstitusi,” kata dia.

Hal sama juga disampaikan Ketua KPU Pangkep, Burhan. Ia juga membenarkan pihaknya sudah menerima laporan soal Paslon Rahman Assegaf-Muammar Muhayang mengajukan gugatan ke MK. “Ada pada tanggal 18 Desember paslon nomor urut 2 melakukan regsitrasi gugatan ke MK,” kata Burhan.

Burhan mengatakan belum mengetahui materi gugatan yang diajukan oleh paslon nomor urut 2 itu. Namun, pastinya gugatan itu harusnya terkait soal sengketa hasil suara. “Yang jelas MK membuka peluang untuk semua pasangan calon. Pasti terkait soal perolehan suara,” sebutnya.

Sementara untuk Lutim, dilansir dari Tribuntimur.com, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur nomor urut 2, Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri (IBAS-RIO) resmi bermohon ke Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (21/12/2020).

Termohon adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur. Pemohon adalah Irwan Bachri Syam dan Andi Muh Rio Patiwiri, calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Luwu Timur No Urut 2.

Bertindak sebagai kuasa hukum adalah Muh Iqbal dkk. Dimana pokok permohonan yaitu perselisihan hasil pemilihan Bupati Kabupaten Luwu Timur tahun 2020. Pengajuan permohonan ini dilakukan pada pukul 14.13 WIB atau 15.13 Wita.

Adapun berkas permohonan yang diajukan Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri ada enam jenis yaitu, permohonan pemohon 4 rangkap, surat kuasa 4 rangkap, daftar alat bukti 4 rangkap. Selain itu, alat bukti 4 rangkap, berita acara dan sumpah KTA 4 rangkap dan flash disk 1 unit. Permohonan IBAS-RIO ini juga tercatat pada Daftar Permohonan Perkara Pilkada Serentak Tahun 2020 situs https://www.mkri.id.

Diketahui, berdasarkan hasil pleno penetapan suara KPU Bulukumba pada Selasa (15/12/2020) lalu, memutuskan pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 4 Andi Muchtar Ali Yusuf- Andi Edy Manaf (Andy Utta-Edy Manaf) menang dengan 92.978 suara. Disusul pasangan nomor urut 2, Askar HL-Arum Spink dengan 67.855 suara, pasangan nomor urut 3, Tomy Satria Yulianto-Makkasau dengan 63.672 suara dan pasangan nomor urut 1, Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati dengan 12.517 suara.

Sementara untuk pilkada Pangkep, paslon omor urut 1 yang diusung Partai NasDem, Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana (MYL-SS) memperoleh suara sebanyak sebanyak 72.973 suara. Kemudian disusul paslon Rahman Assagaf-Muammar Muhayang (Ramah), 53.348 Suara.

Setelah itu, paslon nomor urut tiga, Andi Ilham Zainuddin-Rismayani (Aiz-Risma) peroleh 41.564 suara, serta paslon Andi Nirawati-Lutfi (Anir-Lutfi) peroleh suara 30.467 suara.

Sedangkan untuk Pilkada Lutim, Husler-Budiman meraih 86.351 suara. Sementara Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri (IBAS-RIO) meraih 77.228 suara. (*/asm)

Pos terkait