TPI Bonepute Luwu Bakal Dikembangkan

  • Whatsapp
53

LUWU – Pemerintah Kabupaten Luwu berencana mengembangan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bonepute di Kecamatan Larompong Selatan. Kepala Dinas Perikanan Luwu, Andi Fatahillah mengatakan, target pengembangan TPI Bonepute yaitu pelabuhan perikanan.

“Kebanyakan nelayan di Luwu mendarat di Palopo, selain itu, sejak dilakukannya pelatakan batu pertama pada 2004 silam, pelabuhan Bonepute belum pernah difungsikan,” katanya, Senin (22/06/2020).

Bacaan Lainnya

Lanjut ia mengatakan, potensi sumber daya perikanan di Kab. Luwu mencapai 200 hingga 210 ton per bulan untuk jenis ikan tuna dengan pendapatan mencapai 21 miliar per tahunnya.

“Rencananya pelabuhan itu akan dituntaskan tahun 2021, dengan usulan anggaran 30 hingga 50 miliar dengan fasilitas Kantor, dermaga, mushollah, jetty termasuk fasilitas penunjang lainnya seperti instalasi listrik dan air,” terangnya Andi Fatahillah.

Untuk diketahui, pekan lalu, Bupati Luwu Basmin Mattayang bersama Kepala Dinas Perikanan Kab. Luwu meninjau pelabuhan Bonepute, dalam kesempatan itu, Bupati Luwu berencana akan memberikan bantuan kepada nelayan yang ada di Kab. Luwu. (fit)



Pos terkait