Urus IMB di DPMPTSP Palopo, Kini Lebih Cepat dan Mudah Melalui Smartphone

  • Whatsapp
Andi Agus Mandasini
5

PALOPO – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kota Palopo saat ini memiliki aplikasi Sistem Informasi Perizinan Terintegrasi Berbasis Android (Sipintar). Untuk mengakses aplikasi ini, masyarakat dapat mengunduh Sipintar melalui Play Store pada Android masing-masing di mana pun dan kapan pun.

Kepala Bidang Pengkajian dan Pemrosesan Perizinan, Andi Agus Mandasini yang merintis aplikasi ini bersama tim kerja menyebutkan, ide pengadaan aplikasi ini dari dulu ia pikirkan. Melihat pelayanan di DPMPTSP khususnya pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dapat menghabiskan waktu selama 7 hari.

Bacaan Lainnya

“Tapi dengan aplikasi ini pengurusan IMB hanya membutuhkan waktu sehari saja dan paling lama hingga 3 hari,” tegasnya.

Hanya saja, kata dia, untuk saat ini pelayanan melalui aplikasi Sipintar baru bisa dilakukan untuk mengurus IMB. “Ke depan insya Allah dalam waktu dekat segala jenis perizinan yang terdapat di DPMPTSP Palopo ini akan kami integrasikan masuk ke dalam aplikasi ini, sehingga masyarakat bisa mengurus izin apa saja tanpa datang langsung ke kantor,” jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini DPMPTSP Palopo dapat melayani 70 izin di antaranya dalam lingkup Dinas Kesehatan sebanyak 42 izin, Dinas Pendidikan 13 izin, Dinas Lingkungan Hidup 3 izin, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR, Dinas Penelitian dan Pengambangan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Komunikasi dan Informasi.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Palopo, Taufiq mengatakan, sangat mengapresiasi adanya aplikasi Sipintar ini. “Aplikasi ini ke depan akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya bagi pemohon izin dan investor,” sebutnya. Taufik berharap, aplikasi ini keberadaannya berkesinambungan agar dapat memaksimalkan pelayanan kepada publik dan memudahkan investor. (*)

Pos terkait