Di Kedalaman 70 Meter, Warga Temukan Sumber Gas di Desa Pompengan Pantai Luwu

  • Whatsapp
5

WALMAS — Warga Desa Pompengan Pantai, Kecamatan Lamasi Timur, Kabupaten Luwu, menemukan sumber gas di daerahnya, Kamis (09/07/2020) pagi. Penemuan gas tersebut secara tidak sengaja.

Kepala Kecamatan Lamasi Timur, Mulianto mengungkapkan, awalnya warga hanya ingin membuat sumur bor. ” Di sekitar kedalaman 70-an meter, tiba-tiba berbau menyengat mirip gas. Saat korek api dinyalakan di dekatnya, langsung membesar,” katanya.

Pengeboran dilakukan di rawa-rawa di daerah tersebut. ” Penemuan ini akan kami laporkan ke dinas terkait untuk diteliti,” katanya.

Dikutip dari Tempo.co.id, penelitian yang dilakukan Jurusan Teknik Geologi Universitas Hasanuddin beberapa waktu lalu menyebut, beberapa daerah di Sulawesi Selatan berpotensi besar untuk menghasilkan gas alam.

Daerah-daerah di Sulawesi Selatan yang berpotensi menghasilkan gas alam adalah Kabupaten Wajo, Kabupaten Bone, Enrekang, Tana Toraja, serta daerah-daerah pesisir di Selat Makassar.

Hanya saja yang baru menghasilkan adalah Blok Sengkang di Kabupaten Wajo. Gas alam di Blok Sengkang dieksplorasi oleh PT Energy Sengkang yang menyalurkan ke PLN. (adn)

Pos terkait