Hanya Ada di Bulan Ramadan, Ini Hukum Sholat Tarawih

  • Whatsapp
57

PALOPO – Umat Muslim saat ini menyambut bulan Ramadan. Banyak keutamaan yang ada dalam bulan penuh berkah ini. Salah satunya sholat tarawih.

Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari di bulan Ramadhan. Kata tarawih secara bentuk jama’ dari tarawihah yang artinya istirahat.

Bacaan Lainnya

Dinamakan sholat tarawih karena setiap selesai dua rakaat ada istirahatnya sejenak. Biasanya diisi dengan bacaan-bacaan dzikir atau shalawat.

Ada salah satu hadits yang menunjukkan keutamaan sholat tarawih oleh Imam al-Bukhari dan Imam Muslim:

“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu beliau berkata: Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa yang mendirikan bulan Ramadhan (sholat tarawih) karena iman dan mengharap ridha Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Dari Abi Salamah bin Abdurrahman radhiyallahu’anhu dia bertanya kepada Aisyah radhiyallau’anha: “bagaimana sholatnya Rasulullah SAW di bulan Ramadhan?” Maka Aisyah menjawab: “Beliau shallallahu’alaihi wasallam jika sholat tidak lebih dari 11 rakaat baik di Ramadhan maupun di bulan lainnya”. Beliau sholat 4 rakaat, jangan tanya tentang bagus dan lamanya sholat beliau. Lalu beliau sholat 4 rakaat, jangan tanya tentang bagus dan lamanya sholat beliau. Lalu beliau sholat 3 rakaat.” (HR. al-Bukhari).

Dikutip dalam buku “Qiyamul Lail dan Ramadhan” oleh Isnan Ansory, Lc, MA, para ulama sepakat bahwa hukum melaksanakan sholat tarawih pada malam bulan Ramadhan adalah sunnah.

“Dari Abdurrahman bin Auf: Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Allah tabaraka wa ta’ala telah memfardhukan puasa Ramadhan atas kalian, dan mensunnahkan qiyam-Nya. Maka siapapun yang berpuasa dna berqiyas pada bulan Ramadhan atas dasar iman dan mengharap ganjaran dari Allah, dosa-dosa akan terampuni hingga ia seperti seorang anak yang baru dilahirkan oleh ibunya.” (HR. Nasa’i).

Sholat tarawih umumnya dikerjakan dalam jumlah delapan rakaat. Setelah melaksanakan sholat tarawih, kita juga dianjurkan untuk membaca doa. Berdoa dengan sungguh-sungguh di bulan Ramadhan akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Di bulan Ramadhan ini Pemerintah membolehkan untuk melaksanakan sholat tarawih di masjid, akan tetapi jumlahnya masih tetap terbatas. “Melaksanakan sholat berjemaah ini diupayakan untuk dibuat sesimple mungkin sehingga waktunya tidak terlalu panjang, mengingat dalam kondisi masih darurat,” jelas Menko PMK Muhadjir Effendy dalam konferensi pers virtual pada Senin (05/04/2021). (*)

Sumber : Detikcom

Pos terkait