Iseng Mendulang, PNS di Pemkab Luwu Ini Dapat Emas di Sungai Tettekang Bajo Barat

BELOPA — Kabupaten Luwu memang kaya akan sumber daya yang terkandung di perut bumi. Seperti di sungai Tettekang yang terletak di Desa Tettekang, Kecamatan Bajo Barat, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Sejak beberapa tahun terakhir, warga yang berada di sekitar sungai tersebut mendulang emas secara tradisional. Rata-rata, warga yang mendulang bisa mendapatkan emas sebanyak 2 gram dalam sehari.

Bacaan Lainnya

Sufian Sabila, Kepala Bidang Informasi di Dukcapil Luwu membuktikannya. Sabtu (11/01/2020) siang, ia iseng mendulang bersama warga saat melintas di sungai tersebut.

” Saya saja yang baru belajar, dua kali mendulang selalu dapat emas. Itupun hanya mengambil pasir di bagian atas,” katanya.

Dia mengungkapkan, penghasilan yang diperoleh masyarakat dari mendulang cukup lumayan. ” Saya tanya-tanya warga. Setiap hari mereka rata-rata mendapat 2 gram emas walau menggunakan peralatan seadanya,” katanya.

Beberapa waktu lalu, sejumlah pengusaha asal Negeri Cina datang mengambil sampel emas di bantaran Sungai Tettekang.

Mereka mengantongi izin dari Dinas Lingkungan Hidup. Hanya saja setelah beberapa hari mengambil sampel menggunakan alat berat, mereka diusir oleh warga setempat. Belakangan terungkap bahwa izin yang dikantongi illegal. (fit)

Pos terkait