Keliling Pulau Sulawesi Gunakan Sepeda, Tujuh Pemuda Asal Depok Melintas di Palopo

  • Whatsapp
4

PALOPO – Tujuh pemuda asing menikmati suasana malam Kota Palopo. Mengendarai sepeda, mereka takjub dengan bangunan tua yang menjadi ikon kota yang masih ramai didatangi warga terutama saat waktu sholat.

Bangunan itu ialah Masjid Jami Tua Palopo. Sementara tujuh pemuda tersebut adalah komunitas sepeda dari Depok, Jawa Barat yang tergabung dalam Omah Jangan Diam Terus.

Bacaan Lainnya

Mereka saat ini melakukan misi menaklukkan Pulau Sulawesi menggunakan sepeda. “Kami berangkat ke Sulawesi 6 Oktober 2020. Rencananya kami berpetualang disini selama enam bulan,” kata salah satu rombongan, Rafi Puji Berkah (23), Sabtu (19/12/2020) malam.

Selain berpetualang, para pemuda lajang tersebut belajar budaya, arsitektur, kopi dan kuliner khas Sulawesi. “Kami juga melakukan gerakan sosial, seperti buka cukur gratis dan membuatkan warga kopi gratis yang kami bawa dari tanah Jawa,” ujarnya.

Dalam perjalanan, tidak semua hal baik mereka temui. Tak jarang pengalaman buruk juga mereka jumpai sebagai bumbu perjalanan. Seperti saat rombongan tersebut kecurian empat handphone milik rombongan.

“Saat itu kami di Baubau. Empat handphone kami diambil pencuri. Tapi karena keteledoran kami juga. Itu menjadikan kami lebih waspada lagi agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Rafi mengaku, usai menuntaskan misi mereka berkeliling Sulawesi, para pemuda tersebut akan membuat pameran di Depok, Jawa Barat. Mereka akan memamerkan semua hal yang mereka dapatkan selama melakukan perjalanan di Pulau Celebes.

“Image orang Sulawesi yang keras dan kasar tidak sepenuhnya betul. Banyak orang Sulawesi yang kami jumpai sangat baik. Kalau dipersentasikan, 90 persen orang Sulawesi baik,” pungkasnya. (liq)

Pos terkait