Petani di Gowa Diharap Gunakan Pupuk Bersubsidi Secara Tepat

  • Whatsapp
9

GOWA –Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina berharap agar para petani di Kabupaten Gowa dapat memanfaatkan penggunaan pupuk, khususnya pupuk bersubsidi secara tepat dengan teknik yang tepat.

Hal ini disampaikannya saat membuka Sosialisasi Penyaluran Pupuk Bersubsidi dan Kartu Tani di Aula Kantor Camat Bungaya, Minggu (22/11).

Bacaan Lainnya

“Para petani memanfaatkan penggunaan pupuk subsidi secara tepat dengan teknik yang tepat, jangan ada pemborosan. Gunakan pupuk dengan tepat dan berimbang,” tegasnya dihadapan para petani.

Sebagaima diketahui sebelumnya kebutuhan pupuk di Gowa yang diusulkan sebanyak 40 ribu ton pupuk. Namun kuota pupuk bersubsidi yang diterima oleh Kabupaten Gowa hanya sebesar 31 ribu ton.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten, Gowa, Sugeng Priyanto turut menjelaskan prosedur untuk mendapatkan pupuk bersubsidi yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini untuk mendapatkan pupuk bersubsidi petani harus terdaftar dalam data sistem Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (E-RDKK) yang kemudian akan terdaftar sebagai penerima pupuk subsidi melalui Kartu Tani yang diterapkan Kementerian Pertanian RI.

“Pupuk bersubsidi ini hanya diperuntukkan bagi petani yang masuk dalam kelompok tani dan telah diakses melalui RDKK. Dimana petani yang bisa diakses dalam RDKK adalah petani yang betul-betul berprofesi sebagai petani yang memiliki lahan tidak lebih dari dua hektar,” ujarnya. (DW)

Pos terkait