TPAKD Luwu Gelar Rakor Bahas Asuransi Bagi Petani, Peternak dan Nelayan

  • Whatsapp
4

BELOPA — Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Luwu menggelar rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka pelaksanaan program Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTSK), Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Asuransi Mandiri Nelayan di ruang pertemuan kantor Bappelitbangda, Rabu (5/8/2020).

Rakor dibuka oleh Bupati Luwu, Basmin Mattayang. Dalam Sambutannya Bupati Luwu memberikan apresiasi kepada Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Luwu yang telah memfasilitasi pelaksanaan rakor dengan mempertemukan pihak dari PT Asuransi Jasindo dan para petani.

Bacaan Lainnya

“Selaku pemerintah, saya memberikan apresiasi kepada TPAKD yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Saya berharap hal mewujudkan iklim usaha yang kondusif bagi pengembangan usaha ekonomi kerakyatan di Kabupaten Luwu”, kata Bupati.

Menurut Bupati Luwu, TPAKD memiliki peran sebagai fasilitator untuk menjembatani percepatan akses keuangan bagi masyarakat, baik perbankan maupun non perbankan termasuk PT Asuransi Jasindo.

“Terkait dengan program asuransi dari Jasindo, saya meminta agar betul-betul disosialisasikan dan dikelola secara baik agar para petani, peternak dan nelayan dalam mengelola usahanya tanpa ada rasa khawatir akan adanya resiko kegagalan usaha dengan adanya jaminan asuransi ini”, katanya.

PT Asuransi Jasindo sebagai perusahaan asuransi yang di tunjuk oleh pemerintah memiliki beberapa produk asuransi. Diantaranya Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) yang memberikan perlindungan kepada petani dari ancaman resiko gagal panen sebagai akibat risiko banjir, kekeringan, penyakit dan serangan Organisme Pengganggu Tanaman.

Kemudian, Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTSK) yang memberikan perlindungan kepada peternak sapi/kerbau dari ancaman resiko kematian akibat beranak, penyakit dan kecelakaan serta kehilangan akibat kecurian.

Serta Asuransi Mandiri Nelayan yang memberikan perlindungan kepada nelayan dari ancaman resiko meninggal dunia baik di saat melakukan aktivitas penangkapan ikan. (fit)



Pos terkait