Demi Hidupi Keluarga, Bocah Keliling Jualan Sayur Saat Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

SONGKHLA – Pandemi virus corona yang menyebar di berbagai negara tak menyurutkan tekad bocah berusia 10 tahun ini untuk mencari nafkah. Ia masih tetap gigih dan bersikeras mengayuh sepeda untuk menjual sayuran setiap hari demi menghidupi keluarganya.

Dilansir ritmee.co.id dari Detikcom, belum lama ini, foto seorang bocah laki-laki yang bekerja keras jadi viral. Bocah bernama Dong ini terlihat bersama dengan keranjang berisi sayuran yang tidak terjual saat bersepeda melalui jalan-jalan kosong Songkhla, Thailand.

Bacaan Lainnya

Menurut Sin Chew Daily, Dong menjual sayur-sayuran untuk menghidupi keluarganya yang mencakup seorang nenek berusia 56 tahun, seorang nenek buyut berusia 89 tahun dan seorang kakek buyut berusia 96 tahun yang sakit-sakitan. Setelah neneknya menanam sayuran, Dong akan mengendarai sepedanya dan menjual hasilnya untuk mendukung kehidupan kakek neneknya.

Ini bukanlah hal yang baru bagi Dong. Bocah kecil itu dilaporkan mulai berjualan sayuran sejak ia masih duduk di kelas satu SD saat berusia enam tahun.

Sayangnya karena pandemi COVID-19, bocah malang itu berjuang untuk menghasilkan uang demi menghidupi keluarganya. Terutama setelah Thailand mengumumkan akan memperpanjang penguncian wilayah secara nasional hingga akhir Mei.

Meskipun demikian, bocah pekerja keras itu menolak untuk berhenti. Bahkan dengan lebih sedikit pejalan kaki di jalanan dan bisnis yang anjlok, Dong tetap bersikeras menjual sayurannya di mana pun dia bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Berita tentang kerja keras Dong yang masih berjualan sayuran di tengah pandemi ini pun terdengar oleh Perdana Menteri Thailand. Ia pun segera menghubungi pemerintah setempat untuk menawarkan bantuan.

Sejak itu, pejabat Songkhla telah mengatur agar persediaan hidup dikirimkan ke keluarga Dong dengan jaminan penuh bahwa keluarga akan disediakan kebutuhan pokok sampai akhir pandemi yang menakutkan ini. Etika kerja dan keteguhan hati Dong menggerakkan hati banyak netizen yang memuji anak kecil itu atas upayanya. (*)





Pos terkait