Dinas Perpustakaan Palopo Peringati Hari Anak Nasional di Tenda Pengungsian

  • Whatsapp
Dinas Perpustakaan Palopo memperingati hari anak nasional dengan melakukan trauma healing di lokasi pengungsian korban banjir Masamba, Kamis (23/7/2020).
4

LUTRA — Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2020 yang biasanya diperingati setiap tanggal 23 Juli berbeda dari tahun sebelumnya yang dilakukan Dinas Perpustakaan Palopo.

Dalam peringatan kali ini, Dinas Perpustakaan memilih berbagi sekaligus menghibur anak-anak di lokasi pengungsian korban banjir Masamba, kabupaten Luwu Utara, Kamis (23/7/2020).

Bacaan Lainnya

Tidak hanya membawa buku, Dinas Perpustakaan Palopo juga membawa badut ke lokasi pengungsian. Ini membuat anak-anak sejenak melupakan bencana yang terjadi pada Senin (13/7/2020) malam lalu.

Pasalnya, anak-anak di pengungsian telah menyaksikan langsung bencana alam yang telah meluluhlantakkan kampung dan rumah mereka. Wajah polos anak-anak itu seakan banyak yang tidak mereka mengerti. Namun, bencana itu tentu akan membekas rasa trauma pada psikis mereka.

Untuk mengembalikan kondisi psikologi mereka. Kini, para korban mendapatkan penangan trauma healing pemulihan pasca bencana. Trauma healing tersebut diisi dengan hiburan, edukasi dan motivasi seperti bernyanyi bersama, tebak-tebakan, sulap dan menjawab sejumlah pertanyaan.

Pantauan di lokasi, meski berada di tenda pengungsian namun tak menyurutkan niat belajar anak korban banjir bandang di Kabupaten Luwu Utara untuk mengikuti acara menggambar. Hasil kegiatan seperti ini dinilai ampuh menyembuhkan trauma anak korban banjir bandang itu.

Sementara para anak-anak itu berharap agar bencana banjir bandang dapat berlalu sehingga bisa kembali dan berkumpul dengan keluarga di rumah sambil belajar dengan fasilitas yang memadai. (asm)





Pos terkait