Dinas Perpustakaan Palopo Lakukan Sentuh Pustaka di Sekolah dan Kelurahan

  • Whatsapp
Dinas Perpustakaan Palopo melakukan kegiatan Sentuh Pustaka di kantor Kelurahan Dangerakko pada tanggal 26-27 Oktober 2020 lalu.
7

PALOPO — Dinas Perpustakaan Palopo melaksanaakn program sentuh pustaka. Sentuh Pustaka ini merupakan kegiatan pembinaan perpustakaan yang menggabungkan beberapa unsur yakni unsur internal dari tim pembina perpustakaan sekolah dan unsur eksternal dari kelompok kerja pustakawan dan pegiat literasi hingga mitra/penerbit.

Kehadiran program ini sekaligus memberdayakan pustakawan berprestasi dan penggiat literasi yang ada di kota Palopo. Program Sentuh Pustaka juga mengajak kepedulian beberapa penerbit sebagai mitra perpustakaan karena keberadaan penerbit dan perpustakaan bagai dua sisi mata uang yang sebenarnya tidak dapat dipisahkan sebagai siklus pengembangan koleksi bahan perpustakaan.

Bacaan Lainnya

Selain itu kegiatan ini juga untuk menggugah kepedulian dari pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah selaku penanggung jawab agar lebih memperhatikan peran perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana strategis untuk mendukung proses belajar mengajar dan menumbuhkan budaya baca. Selain sekolah, dinas perpustakaan juga menyentuh perpustakaan yang ada di beberapa kelurahan seperti kelurahan Dangerakko dan kelurahan Temmalebba.

“Pengelolaan perpustakaan yang kurang baik berimbas pada tingkat kunjungan siswa yang memanfaatkan perpustakaan sekolah. Hal tersebut juga tentunya sangat memengaruhi Indeks budaya baca kita. Makanya, melalui program ini kita harap minat baca di perpustakaan bisa meningkat,” kata Kadis Perpustakaan Palopo, Asmiati.

Susana kegiatan Sentuh Pustaka oleh Dinas Perpustakaan Palopo di SDIT Insan Madani pada tanggal 12-13 Oktober 2020 lalu.

Adapun manfaat yang dihasilkan dari kegiatan Sentuh Pustaka ini untuk siswa dan tenaga kependidikan adalah mempercepat penataan dan pengelolaan perpustakaan sekolah sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP) sehingga layanan perpustakaan dapat segera dinikmati oleh warga sekolah selain itu manfaat untuk sekolah dapat meningkatkan kualitas salah satu sarana pendidikan di sekolah. (asm)

Kegiatan sentuh pustaka di kelurahan Temmalebba pada tanggal 19-20 Oktober 2020.




Pos terkait