DPRD Lutim Usulkan Ibas Jabat Bupati Luwu Timur

  • Whatsapp
Irwan Bachri Syam
4

LUTIM — Kursi orang nomor satu di kabupaten Luwu Timur saat ini tengah lowong pasca wafatnya sang Bupati, HM Thorig Husler pada tanggal 24 Desember 2020 lalu.

Untuk mengisi kekosongan sisa masa jabatan periode 2016-2021 yang berakhir tanggal 17 Februari 2021, Wakil Bupati Luwu Timur saat ini, Irwan Bachri Syam alias Ibas akan ditunjuk untuk menjalankan roda pemerintahan di Bumi Batara Guru itu.

Bacaan Lainnya

Jika tidak ada halangan, proses Ibas menjabat Bupati Lutim akan dimulai pada Rabu (6/1/2021). Melalui rapat paripurna di DPRD, wakil rakyat akan mengusulkan nama Ibas kepada gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah sesuai surat penyampaian Gubernur Sulsel kepada DPRD Luwu Timur tertanggal 30 Desember 2020 nomor 131.2/1166/Setda.

Pengusulan Ibas jabat bupati Luwu Timur sesuai undang undang nomor 23 tahun 2014 pasal 78 ayat (1) apabila kepala Daerah meninggal dunia, permintaan sendiri atau diberhentikan maka pimpinan DPRD mengumumkan pengusulan melalui rapat paripurna untuk diusulkan kepada presiden, atau Mendagri atau gubernur.

Diketahui, pada pilkada 9 Desember 2020 lalu, Husler dan Ibas tak lagi berpasangan. Paslon Husler-Budiman memenangi pilkada berdasarkan hasil perhitungan KPU dari rivalnya, Ibas-Rio.
Hanya saja, hasil itu masih menunggu keputusan MK. Di mana Ibas-Rio menggugat hasil pemilu. (*)

Pos terkait