Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri, Donor Darah di Palopo, Belopa dan Masamba

  • Whatsapp
4

PALOPO — Sebanyak 13 komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Palopo, 1 komunitas mobil, dan 1 komunitas yang bergerak di bidang sosial ambil bagian dalam kegiatan donor darah bertajuk “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” di Palopo, Belopa, dan Masamba.

Koordinator acara Amirul menjelaskan para peserta yang berjumlah 115 orang berusaha keras untuk bisa menyumbangkan darah mereka. Bahkan salah satu peserta di Palopo yang baru pertama kali menjadi pendonor, butuh waktu lebih dari 30 menit karena terlalu tegang saat diambil darahnya.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan donor darah ini berlangsung di Kantor PMI Palopo, Sekretariat YVC-I Belopa, dan Kantor PMI Masamba pada Sabtu (24/10/2020). Dari 3 lokasi tersebut berhasil diperoleh 83 kantong darah. Sebenarnya masih banyak anggota komunitas yang ingin mendonorkan darahnya pada hari Minggu, tetapi dari pihak PMI hanya bisa di hari Sabtu,” jelas Amirul.

Menurut Amirul, kegiatan donor darah di Kantor PMI Palopo diikuti 8 komunitas dari Riderhood Sawerigading, Riderhood Car Sawerigading, Jaskoe, Aerox Club Palopo, YVC-I Chapter Palopo, CCC Palopo, BMC Palopo, TOC Palopo.

Sementara peserta di Belopa meliputi YVC-I Belopa, TOC Belopa, MXRC Belopa, dan BBRC Belopa. Di Masamba, ada tiga komunitas yang ambil bagian yaitu YVCI Masamba, YNVC Masamba, dan komunitas motor CB Masamba.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, Super Adventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (*/adn)

Pos terkait