Dinas Perdagangan Makassar Bersama Satgas Pangan Awasi Stok Beras

Kepala Dimas Perdagangan Kota Makassar, Arlin Ariesta.

MAKASSAR – Harga beras di beberapa pasar yang ada di Kota Makassar mulai mengalami kenaikan harga dalam beberapa hari terakhir ini.

Menurut data di website resmi pasarmakassar.id dan PD Pasar Makassar Raya, harga beras premium kini berkisar Rp 13.000 sampai Rp 15.000 perkilo.

Bacaan Lainnya

Harga ini naik ketika dibandingkan dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebelumnya dari bulog yaitu berkisar Rp 11.000.

Dilansir dari Herald Sulsel, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar, Arlin Ariesta mengatakan bahwa kenaikan harga beras di Kota Makassar itu dipengaruhi oleh sisi supply atau sisi demand.

Dia juga menjelaskan, Disdag Kota Makassar bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Makassar secara rutin dan ketat bakal melakukan pemantauan harga yang ada di pasaran.

“Terjadi kenaikan harga terutama untuk beras premium sedikit di atas HET. Sedangkan beras medium masih rata-rata berkisar HET,” ujarnya dikutip dari Herald Sulsel, Selasa (19/09/2023).

Ada pun langkah yang akan dilakukan Pemkot Makassar untuk mengantisipasi lonjakan harga beras di Makassar yaitu dengan melakukan koordinasi dengan semua pihak.

Termasuk para pedagang dan distributor melakukan supply ke pedagang-pedagang eceran, untuk mengantisipasi peningkatan permintaan konsumen.

Selain itu, pihaknya akan terus melakukan pengawasan di distributor dan pedagang agar stok beras terus terjaga hingga akhir tahun 2023.

“Kita juga melakukan pengawasan bersama satgas pangan, kepolisian agar pihak distributor dan pedagang tidak menahan stok,” kata Arlin.

Pemerintah kota juga akan melakukan operasi pasar di sejumlah titik kecamatan secara bertahap, dengan harga beras yang terjangkau oleh masyarakat kurang mampu. (*)































Pos terkait