Dorong Nilai Tambah Produk Daerah, Komisi III DPRD Palopo Kunjungi PLUT-KUMKM Sulsel

  • Whatsapp
9

MAKASSAR — Komisi III DPRD Palopo melakukan kunjungan kerja ke kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT-KUMKM) Provinsi Sulsel, Kamis (18/2/2021).

Kunjungan ini dalam rangka mengetahui sistem dan strategi untuk mendorong nilai tambah produk unggulan daerah khususnya di kota Palopo.

Bacaan Lainnya

Rombongan dipimpin ketua Komisi III, Steven Hamdani. Hadir juga rekannya di komisi seperti Robert Arelius, Bogi Harto, Lupita, Dahri Suli, Herman Wahidin dan Darmawati. Nampak juga mendampingi, Wakil Ketua I, Abd Salam.

Steven mengatakan, inti kunjungannya kali ini ialah terkait dengan banyaknya permasalahan yang timbul di dunia usaha kecil dan menengah. Seperti kurangnya pengetahuan para pelaku usaha terkait branding dan pemasaran produk lokal. Mulai dari standar kualitas, desain kemasan, pemasaran digital, hingga jalur pemasaran secara luas di luar kota palopo.

“Kami meminta bagaimana Pemerintah Provinsi bisa membantu pelatihan terkait produk lokal secara terperinci bagi Pelaku UMKM Palopo agar produk lokal dapat bersaing diluar wilayah Palopo,” terang Steven.

“Kami meminta agar produk-produk lokal Palopo dapat dibantu pemasarannya oleh Pemerintah Provinsi ke daerah lain, baik didalam Provinsi maupun diluar Provinsi,” tambah politisi asal partai Golkar tersebut.

Tidak hanya itu, pihaknya juga meminta agar Pemerintah Provinsi dapat melakukan hubungan kerjasama dengan pihak pengusaha lainnya dan para retail besar agar dapat menyerap produk lokal palopo secara asional.

“Tujuan akhirnya adalah bagaimana pelaku usaha UMKM dapat berdaya saing dengan produk daerah lain dan muaranya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat Palopo khususnya pelaku UMKM,” tandas Steven. (asm)

Pos terkait