Goes to School di SMK N 1, Bawaslu Palopo Paparkan peran Strategis Pemilih Pemula

Ketua Bawaslu Kota Palopo, Asbudi Dwi Saputra bersama Kepala sekolah SMKN 1 Palopo, Ridwan Rajab, saat melaksanakan kegiatan Bawaslu Goes to School, Selasa (21/06/2022). (Ft/Ist)

PALOPO— Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Palopo menggelar kegiatan “Bawaslu Goes to School” di SMK Negeri 1 Palopo, Selasa (21/06/2022).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Palopo, Asbudi Dwi Saputra dalam sambutannya mengatakan, ada tiga tugas yang harus Bawaslu terapkan saat tahapan dan pemilihan umum digelar.

Bacaan Lainnya

“Pertama, melakukan sosialisasi dan imbauan, kedua melalui penagawasan partisipatif, masyarakat juga dapat melakukan pengawasan, dan ketiga melakukan penindakan jika terjadi pelanggaran Pemilu,” katanya.

Sementara, anggota Bawaslu, Ahmad Ali yang bertindak sebagai narasumber memaparkan beberapa peran strategis pemilih pemula pada pemilu yang akan digelar pada 2024 mendatang.

“Pemili pemula memiliki peran penting untuk menyukseskan Pemilu 2024 mendatang dengan cara terlibat langsung melakukan pengawaan partisipatif seperti mencegah terjadinya pelanggaran dan melaporkan ke Bawaslu jika menemukan pelanggaan pemilu,” terangnya.

Pada kegiatan Bawaslu Goes to School itu menghadirkan 2 orang narasumber dari yang meruapakan anggota Bawaslu Palopo yakni, Ahmad Ali, Sitti Aisyah, serta Muhammad Arafah selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah XI Provinsi Sulawesi Selatan dan dihadiri siswa-siswi dari kelas 13 SMA/SMK sekota Palopo, serta Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Palopo, Ridwan Rajab.(rls)











Pos terkait