Bupati Lutra Dorong Petani Rambah Ekonomi Digital

  • Whatsapp
53

LUTRA – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mendorong para petani di Luwu Utara untuk merambah ekonomi digital. Menurutnya petani sudah harus modern dan mengikuti perkembangan teknologi.

“Ekonomi digital adalah aspek ekonomi yang berbasis pada pemanfaatan dan pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi digital. Kita bisa memulainya dengan memanfaatkan smartphone dan media sosial yang kita punya, begitupun dengan petani. Di Indonesia sendiri, ada situs penjualan online Potensiana, dan saya pernah mendapati ada Kopi Seko yang dijual anak muda dari Bandung dengan harga jauh lebih tinggi. Mengapa tidak kita juga melakukan hal yang sama? Bermedia sosial dengan produktif, jadi tidak sekadar menghabiskan pulsa data,” kata Indah saat memberikan sambutan dan arahan pada kegiatan Sosialisasi KUR kerjasama Dinas Ketahanan Pangan dan Bank Sulselbar Cabang Masamba, yang diikuti oleh para petani di Kantor BPP Sukamaju, Selasa (8/9).

Bacaan Lainnya

Bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan UKM (DP2KUKM), ke depan petani akan dilatih bersama BPP bagaimana mengiklankan produk secara online.

“Produk bapak/ibu akan dikelola secara profesional untuk dipasarkan secara digital, Pemda yang akan memfasilitasi. Sebab menurut data, sektor pertanian juga berkontribusi pada pergerakan ekonomi Sulsel begitupun pergerakan denyut nadi perekonomian kita di Luwu Utara,” jelas bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Tak hanya memotivasi para petani untuk melek teknologi, ke depan, Bupati Indah menuturkan, Pemda juga akan mendorong asuransi usaha tani.

“Terutama bagi petani yang memiliki lahan terdampak banjir, kita utamakan daerah rawan banjir bagi petani yang memiliki lahan 2 hektare ke bawah. Mohon doanya, sebab kita sudah dorong KUA-PPAS untuk tahun 2021,” tutur Bupati Indah yang hadir didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Alauddin Sukri, dan Forkopincam Sukamaju. (hms)



Pos terkait