Pameran Kewirausahaan, UNCP Palopo Fasilitasi Mahasiswa Jadi Pengusaha

15 Kelompok Wirausahawan muda mengikuti pameran kewirusahaan yang bertempat di Kampus 3 Universitas Cokroaminoto Palopo, Sabtu (16/7/2022). (Dok. UNCP)

PALOPO — 15 Kelompok Wirausahawan muda mengikuti pameran kewirusahaan yang bertempat di Kampus 3 Universitas Cokroaminoto Palopo, Sabtu (16/7/2022). 15 Kelompok wirausahawan muda ialah mahasiswa UNCP.

Para mahasiswa itu berasal dari program studi Bahasa Inggris, agro teknologi dan agribisnis. Produk kewirausahaan beragam, mulai dari banana roll, bakpao, banana chips, martabak mini, es cincau, cimol, tahu crispi, es jomblo dan masih banyak lagi.

Bacaan Lainnya

Kepala Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Dr Hafirah Patang yang juga dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan mengatakan pameran ini merupakan bentuk tugas akhir dari Mata Kuliah Kewirausahaan setelah selama 1 semester mahasiswa melaksanakan proses Learning by Doing tentang dunia wirausaha.

“Hal ini sejalan dengan salah satu profil lulusan program studi yaitu menjadi Wirausahawan,” ungkap Hafirah.

Hal senada juga disampaikan Dosen Kewirausahaan lainnya Dr Marlina yang mengatakan bahwa mahasiswa harus mengalami langsung dunia wirausaha sehingga mereka tidak hanya menguasai teori namun juga praktik langsung di lapangan.

Salah satu mahasiswa peserta pameran, Amaliah Rhamadhani, mengatakan dia bersama rekannya sangat antusias dalam mengikuti mata kuliah ini, apalagi dengan bentuk tugas akhir yaitu berupa pameran kewirausahaan.

“Kami mendapatkan pengalaman berharga dalam dunia wirausaha. Hal yang sangat menyenangkan adalah produk yang kami jajakan semuanya sold out bahkan banyak pengunjung yang akhirnya tidak kebagian. Tentu kami sebagai mahasiswa berharap kegiatan seperti ini terus ada dan dikembangkan sehingga semua mahasiswa UNCP bisa mendapatkan pengalaman yang sama,” tuturnya.

Kegiatan ini telah menjadi rutinitas setiap tahunnya dan akan terus dikembangkan sehingga mahasiswa benar-benar bisa merasakan nuansa dan tantangan dalam dunia wirausaha. (***)











Pos terkait