Tak Ada Diskualifikasi, KPU Luwu Utara Beri Kesempatan Thahar Rum Tes Kesehatan Ulang

  • Whatsapp
4

MAKASSAR — KPU Luwu Utara sudah menggelar rapat pleno terkait tes kesehatan bagi calon bupati Thahar Rum di Makassar, Rabu (16/09/2020) malam ini.

Hasilnya, Thahar Rum diberi kesempatan kedua untuk kembali mengikuti tes kesehatan ulang pada Sabtu (19/09/2020) di Makassar. Keputusan ini juga mementahkan spekulasi yang beredar bahwa Thahar Rum akan didiskualifikasi lantaran tak merampungkan tes kesehatan.

Bacaan Lainnya

” Keputusan ini kami ambil setelah melakukan rapat pleno. Termasuk konsultasi dengan KPU RI dan IDI yang ditunjuk sebagai tim kesehatan,” kata Komisioner KPU Luwu Utara, Hayu Vhandy saat dihubungi.

Diketahui, saat tes kesehatan di Makassar pekan lalu, Thahar Rum tak bisa melanjutkan tahapan tes. Wakil Bupati Luwu Utara itu mengalami gangguan kesehatan hingga harus dirawat di rumah sakit Siloam Makassar. Setelah sempat dirawat beberapa hari, Thahar kini sudah dinyatakan sehat dan dibolehkan pulang.

” Setelah menjalani tes kesehatan kedua nanti, hasilnya akan diumumkan langsung oleh tim pemeriksa,” kata Hayu. Jika dinyatakan sehat, maka Thahar Rum dibolehkan mengikuti tahapan pilkada.

Sebaliknya, jika gagal di tes kesehatan, maka dimungkinkan untuk penggantian. Thahar Rum yang berpasangan dengan Rahmat Laguni diusung oleh Koalisi Partai Nasdem, PKB dan Perindo. (adn)



Pos terkait